Sabtu, 08 November 2014

Organisasi


1.      Organisasi adalah pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah untuk orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terorganisasi, terencana, terkendali dan terpimpin.
Organisasi terstruktur adalah gambaran secara skematis tentang hubungan-hubungan kerja sama dari orang-orang yang terdapat dalam rangka usaha untuk mencapai suatu tujuan.
Organisasi dalam arti badan adalah sekelompok orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu.
2.      Rentang kendali adalah jumlah bawahan yang dapat diarahkan oleh seorang manajer secara efisien dan efektif.
Faktor-faktor rentang kendali:
·         Kedekatan geografis
·         Kesamaan fungsi-fungsi
·         Tingkat koordinasi pengawasan dibutuhkan
·         Tingkat pengawasan langsung dibutuhkan
·         Bantuan organisasional yang tersedia bagi pengawas
3.      Struktur organisasi matriks adalah digunakan untuk memudahkan pengembangan pelaksanaan beragam program atau proyek.
Keunggulan:
·         Sesuai untuk organisasi ukuran sedang.
·         Dapat memanfaatkan karyawan secara fleksibel.
·         Tujuan proyek menjadi lebih jelas.
·         Banyak cara untuk melakukan komunikasi.
·         Pekerjaan dapat dipahami secara jelas.
Kelemahan:
·         Biaya relatif lebih mahal.
·         Strukturnya rumit.
·         Memungkinkan timbulnya dualisme kepemimpinan.
·         Relatif sulit karena terdapat kepentingan ganda sehingga memerlukan koordinasi yang kuat.
4.      Organisasi formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih suatu organisasi yang memiliki struktur secara formal, sehingga memiliki struktur yang jelas, pembagian tugas yang jelas, serta tujuan yang ditetapkan jelas.
Karakteristik organisasi formal :
·         Suatu organisasi terdiri dari hubungan-hubungan yang telah ditetapkan antara jabatan-jabatan.
·         Tujuan atau rencana kegiatan organisasi terbagi kedalam tugas-tugas organisasi yang disalurkan diantara berbagai jabatan sebagai kewajban resmi.
·         Suatu sikap menerapkan suatu sistem disiplin merupakan bagian dari organisasi.
·         Anggota organisasi harus mampu memisahkan kehidupan pribadi dengan kehidupan organisasi.
·         Suatu sistem aturan yang umum tetapi tegas, yang ditetapkan secara formal, mengatur tindakan-tindakan dan fungsi-fungsi suatu jabatan dalam organisasi.
Organisasi informal adalah suatu kumpulan dari dua orang atau lebih yang terlibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari.
Karakteristik organisasi informal :
·         Fleksibel
·         Tidak terumuskan
·         Spontan
5.      Pengelolaan organisasi secara sentralisasi adalah memusatkan seluruh wewenang kepada sejumlah kecil manajer atau yang berada di posisi puncak pada suatu struktur organisasi.
Kelemahan dari organisasi secara sentralisasi adalah dimana seluruh kebijakan dan keputusan didaerah dihasilkan oleh orang-orang yang berada di pemerintah pusat, sehingga waktu yang diperlukan untuk memutuskan sesuatu menjadi lama.
Kelebihan dari organisasi secara sentralisasi adalah pemerintah pusat tidak perlu bingung pada permasalahan yang timbul akibat perbedaan pengambilan keputusan, karena seluruh keputusan di koordinir oleh pemerintah pusat.
Pengelolaan organisasi secara desentralisasi adalah pendelegasian wewenang dalam membuat keputusan dan kebijakan kepada manajer atau orang-orang yang berada pada level bawah dalam suatu struktur organisasi. Pada saat sekarang ini banyak perusahaan atau organisasi yang memilih serta menerapkan sistem desentralisasi karena dapat .memperbaiki serta meningkatkan efektifitas dan produktifitas suatu organisasi.
Kelemahan dari sistem desentralisasi pada otonomi khusus untuk daerah adalah euforia yang berlebihan di mana wewenang tersebut hanya mementingkat kepentingan golongan dan kelompok serta digunakan untuk mengeruk keuntungan pribadi atau oknum. Hal tersebut terjadi karena sulit untuk di atur oleh pemerintah di tingkat pusat.
Kelebihan dari sistem desentralisasi Mampu memecahkan masalah secara mandiri, bekerja dan hidup dalam kelompok kreatif penuh inisiatif dan impati.

0 komentar:

Posting Komentar