Rabu, 20 September 2017

Tentang Profesi Akuntansi

0



TENTANG PROFESI AKUNTANSI

A.    PENGERTIAN PROFESI AKUNTANSI
Profesi akuntansi adalah profesi yang melibatkan keahlian di bidang akuntansi tentang keuangan yang ada di dalam entitas. Yang termasuk bidang pekerjaan akuntansi adalah akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, pemeriksaan akuntansi (auditing) , akuntan publik, akuntan intern, akuntan pajak, akuntan pemerintah, akuntan pendidik, akuntan forensik, akuntansi penganggaran, akuntansi biaya, dan sistem akuntansi.

B.     MACAM-MACAM PROFESI AKUNTANSI
1.      Akuntansi Keuangan
Akuntansi keuangan merupakan bidang akuntansi yang berkaitan dengan membuat laporan keuangan dengan penyediaan informasi keuangan sebagai dasar pengambilan keputusan oleh pihak eksternal. Informasi keuangan yang digunakan oleh akuntansi keuangan bersifat baku atau standar yang dikenal dengan generally accepted accounting principles atau prinsip yang bersifat umum. Akuntansi keuangan juga harus berpedoman terhadap ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Standar Akuntansi Keuangan (SAK).
Tugas utama akuntansi keuangan yaitu:
Membuat laporan keuangan seperti neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan laporan perubahan modal setiap periode akuntansi yaitu setiap bulan.

2.      Akuntansi Manajemen
Akuntansi manajemen adalah sistem yang berkaitan dengan ketentuan dan penggunaan memberikan informasi keuangan bagi pihak internal yaitu pihak manajemen dalam suatu organisasi dan untuk memberikan dasar kepada manajemen untuk membuat keputusan bisnis yang akan memungkinkan manajemen akan lebih siap dalam pengelolaan.
Fungsi akuntansi manajemen yaitu menyajikan data-data atau informasi penting terkait berdasarkan data historis dalam rangka melaksanakan proses manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, dan penilaian kinerja.

Berbeda dengan informasi akuntansi keuangan, informasi akuntansi manajemen adalah:
a.     Dirancang dan dimaksudkan untuk digunakan oleh pihak manajemen dalam organisasi sedangkan informasi Akuntansi keuangan dimaksudkan dan dirancang untuk pihak eksternal seperti kreditur dan para pemegang saham.
b.  Biasanya rahasia dan digunakan oleh pihak manajemen dan bukan untuk laporan publik.
c.      Memandang ke depan, bukan sejarah.
d.  Dihitung dengan mengacu pada kebutuhan manajer, sering menggunakan sistem informasi manajemen, bukan mengacu pada standar akuntansi keuangan.

3.      Akuntansi Perpajakan
Akuntansi perpajakan adalah akuntansi yang bergerak dibidang perpajakan dan yang memenuhi liabilitas atau kewajiban serta pelaporan pajak. Fungsi akuntansi pajak adalah mengolah data kuantitatif yang akan digunakan untuk menyajikan laporan keuangan yang memuat perhitungan perpajakan. Profesi akuntansi perpajakan pada umumnya harus memiliki kecakapan dalam perpajakan yang harus ditunjukkan dengan sertifikat profesi perpajakan atau brevet.
Tugas akuntan perpajakan yaitu:
Membantu dalam merencanakan pajak dan penyusunan surat pemberitahuan pajak (SPT).

4.      Auditing
Auditing adalah bidang akuntansi yang pekerjaannya berupa memberikan jasa atestasi dan non atestasi atau disebut juga dengan jasa audit. Auditing juga suatu proses yang sistematis untuk memperoleh dan menilai bukti-bukti secara objektif, yang berkaitan dengan asersi-asersi tentang tindakan-tindakan dan kejadian-kejadian ekonomi untuk menentukan tingkat kesesuaian antara asersi-asersi tersebut dengan kriteria yang telah ditetapkan dan mengkomunikaskan hasilnya kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Orang yang bekerja di bidang auditing dikenal dengan istilah auditor atau auditor eksternal. Auditor eksternal bekerja pada Kantor Akuntan Publik (KAP).

5.      Akuntan Intern
Akuntan perusahaan (intern) adalah akuntan yang bekerja disuatu perusahaan dan bertanggung jawab terhadap masalah akuntansi diperusahaan tersebut.
Tugas Akuntan Intern yaitu:
a.       Menyusun sistem akuntansi yang diperlukan perusahaan.
b.      Menyusun laporan keuangan bagi pihak intern dan ekstern.
c.       Menyusun anggaran perusahaan.
d.      Melakukan pemeriksaan terhadap pelaksanaan sistem akuntansi dan anggaran.
e.       Menyelesaikan permasalahan perpajakan, seperti perhitungan perpajakan.

6.      Akuntan Publik
Akuntan publik adalah yang bekerja memberikan layanan atau jasa kepada masyarakat yang memerlukan jasa akuntansi. Untuk menjadi akuntan publik harus sudah memiliki izin dari menteri keuangan sesuai dengan UU No. 5 tahun 2011 tentang Akuntan Publik dan juga Permenkeu No. 17/PMK01/2001 mengenai jasa Akuntan Publik.
Tugas akuntan publik yaitu:
a.       Pemeriksaan laporan keuangan.
b.      Penyusunan sistem akuntansi.
c.       Penyusunan laporan keuangan untuk kepentingan perpajakan.
d.      Konsultasi manajemen.

7.      Akuntan Pemerintah
Akuntan pemerintah adalah yang bekerja di instansi pemerintahan yang tugas pokoknya melakukan pemeriksaan terhadap pertanggungjawaban keuangan yang disajikan oleh unit-unit organisasi dalam pemerintah. Lembaga pemerintah yang dimaksud seperti: BPK (Badan Pemeriksa Keuangan), BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan), Dirjen Pajak, dan lembaga pemerintah lainnya.
Tugas akuntan publik yaitu:
a.       pemeriksaan dan pengawasan terhadapat aliran keuangan Negara.
b.      Melakukan perancangan sistem akuntansi untuk pemerintah.
c.       Menyusun rencana pendapatan dan belanja Negara.
d.      Mengadakan pemeriksaan intern pada perusahaan Negara.

8.      Akuntan Pendidik
Akuntan pendidik adalah akuntan yang bekerja di bidang pendidikan. Misalnya: Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, dan lembaga-lembaga pendidikan lainnya.
Tugas akuntan pendidik yaitu:
a.       Menyusun kurikulum pendidikan akuntansi.
b.      Mengajar di akuntansi di berbagai lembaga pendidikan.
c.       Melakukan penelitian untuk pengembangan ilmu akuntansi.

9.      Akuntan Forensik
Akuntan forensik adalah praktik khusus bidang akuntansi yang menggambarkan keterlibatan yang dihasilkan dari perselisihan actual atau yang diantisipasi.  “Forensik” berarti “yang cocok untuk digunakan dalam pengadilan hukum”, dan itu adalah untuk yang standar dan potensi hasil yang umunya akuntan forensik harus bekerja. Akuntan forensik, juga disebut sebagai auditor forensik atau auditor investigasi. Keahlian yang menuntut kemampuan dalam bidang akuntansi, audit serta investigasi dari pengelolaan dana. Bidang ini dikatakan karir favorit di bidang akuntansi yang akan datang. Kegiatannya meliputi penelusuran money laundering (pencucian uang) dan termasuk kegiatan yang mencurigakan lainnya seperti penggelapan pajak, harta wasit dan insurance fraud.

10.  Akuntansi Penganggaran (Budgetary Accounting)
Akuntansi penganggaran bertugas membuat perencanaan operasi dan keuangan perusahaan diwaktu yang akan datang dan membandingkan operasi-operasi yang sebenarnya dengan operasi-operasi yang direncanakan. Penyusunan anggaran selalu memperhatikan data masa lalu yang dilaporkan dalam laporan akuntansi. Anggaran digunakan untuk mengawasi jalannya operasi perusahaan melalui perbandingan data sesungguhnya dengan anggaran.

11.  Akuntansi Biaya
Akuntansi biaya adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan perencanaan, penetapan, dan pengendalian biaya produksi. Akuntansi biaya berkaitan dengan penentuan harga pokok produksi dan pengendalian biaya produksi. Akuntansi biaya bermanfaat bagi manajemen untuk mengendalikan kegiatan perusahaan dan merencanakan kegiatan perusahaan di masa depan berdasarkan data-data biaya yang diperoleh.

12.  Sistem Akuntansi
Sistem akuntansi adalah bidang akuntansi yang melakukan perencanaan prosedur pencatatan, pengikhtisaran, dan pelaporan data keuangan. Sistem akuntansi harus mencipatakan suatu sistem yang dapat mempermudah pengelolaan dan pengendalian perusahaan.

C.    ETIKA PROFESI AKUNTANSI
Prinsip etika akuntan atau kode etik akuntan itu meliputi 8 butir pernyataan (IAI, 1998, dalam Ludigdo, 2007). Ke-8 butir ini harus dimiliki oleh seorang akuntan, yaitu:
1.      Tanggung Jawab Profesi
Bahwa akuntan didalam melaksanakan tanggungjawabnya sebagai professional harus senantiasa menggunakan pertimbangan moral dan professional dalam semua kegiatan yang dilakukannya.
2.      Kepentingan Publik
Akuntan sebagai anggota IAI berkewajiban untuk senantiasa bertindak dalam kerangka pelayanan kepada publik, menghormati kepentingan publik, dan menunjukkan komitmen atas profesionalisme.
3.      Integritas
Akuntan sebagai seorang professional, dalam memelihara dan meningkatkan kepercayaan publik, harus memenuhi tanggung jawab profesionalnya tersebut dengan menjaga integritasnya setinggi mungkin.
4.      Obyektifitas
Dalam pemenuhan kewajiban profesionalnya, setiap akuntan sebagai anggota IAI harus menjaga obyektifitasnya dan bebas dari benturan kepentingan.
5.      Kompetensi dan kehati-hatian profesional
Akuntan dituntut harus melaksanakan jasa profesionalnya dengan penuh kehati-hatian, kompetensi, dan ketekunan, serta mempunyai kewajiban untuk mempertahankan pengetahuan dan keterampilan profesionalnya pada tingkat yang diperlukan untuk memastikan bahwa klien atau pemberi kerja memperoleh manfaat dari jasa profesional yang kompeten berdasarkan perkembangan praktik, legislasi, dan teknik yang paling mutakhir.
6.      Kerahasiaan
Akuntan harus menghormati kerahasiaan informasi yang diperoleh selama melakukan jasa professional dan tidak boleh memakai atau mengungkapkan informasi tersebut tanpa persetujuan, kecuali bila ada hak atau kewajiban professional atau hukum untuk mengungkapkannya.
7.      Perilaku Profesional
Akuntan sebagai profesional dituntut untuk berperilaku konsisten selaras dengan reputasi profesi yang baik dan menjauhi tindakan yang dapat mendiskreditkan profesinya.
8.      Standar Teknis
Akuntan dalam menjalankan tugas profesionalnya harus mengacu dan mematuhi standar teknis dan standar profesional yang relevan. Sesuai dengan keahliannya dan dengan berhati-hati, akuntan mempunyai kewajiban untuk melaksanakan penugasan dari penerima jasa selama penugasan tersebut sejalan dengan prinsip integritas dan obyektifitas.

Sumber:

Selasa, 25 April 2017

Tugas 4 Bahasa Inggris Bisnis 2

0



UNIT THREE

READING
ACCOUNTING

Accounting is the process of recording, classifying, analyzing, summarizing, reporting and interpreting the financial information of an organization for use in decision making. Accountants record, report and interpret financial information that describes the status and operations of a company aids in decision making. Like statistics, accounting is the language of business. It provides information to both people inside and outside the company.
Inside the company, managers are the major users of accounting information. Accounting data are used by managers to help them plan and control business operations. Outside the company, stockholders, bankers, potential investors, and government, etc. are interested to know the financial position of the company. For instance, bankers can base their decision on granting a loan to the company by examining it’s financial statements. Government needs to know the financial data of the company for tax assessment.
Accounting is not the same as bookkeeping. Bookkeeping is chiefly the clerical phase of accounting. Bookkeepers are responsible for the systematic recording of a company’s financial transactions. They provide data to be used by accountants. Accounting covers a much wider scope. Accountants are responsible for developing systems to classify and summarize transactions and for interpreting financial statements. Accountants are decision makers, while bookkeepers are trained in mostly mechanical task of record keeping. Accountants may hold positions as executives in many large companies and top-level government offices.
There are three important financial statements prepared by accountants. The first one is the balance sheet that shows the financial position of a company of a particular date. The second one is the income statement or profit and loss statement that shows the profitability of unprofitability of a company during a period of time. The third one is the capital statement that reports the equity or money invested by owners. It is also called the owner’s equity. Accountants usually prepare financial statements once a year.

A.    Answer the following questions briefly
1.      What is accounting?
Accounting is the process of recording, classifying, analyzing, summarizing, reporting and interpreting the financial information of an organization for use in decision making.
2.      Who prepares financial statement?
Accountant.
3.      Is accounting the language of business?
Yes, it is.
4.      What does a balance sheet contain?
It contains about financial position of a company of a particular date.
5.      Who uses accounting data?
Accounting data are used by managers, company, stockholders, bankers, potential investors, and government, etc.
6.      What are the differences between a bookkeeper and an accountant?
Accountants are decision makers, while bookkeepers are trained in mostly mechanical task of record keeping.
7.      Do bookkeepers and accountants have the same function?
No, they don’t.
8.      How many financial statements are prepared by accountants?
Three financial statements. The first one is the balance sheet, the second one is the income statement, the third one is the capital statement.
9.      Is accounting the same as bookkeeping?
No, it’s not.
10.  Are accountants responsible for the systematic recording of a company’s financial transactions?
No, they aren’t.

B.     Exercise 1
Choose the correct form of be (am, is, are) to fill the blanks.
1.      Julia are absent from class today.
2.      We are both students.
3.      The weather today is good.
4.      The sky is clear.
5.      Henry and John are brothers.
6.      The children are happy.
7.      She and I are cousins.
8.      Mina is a business woman.
9.      The police on the corner is busy with the traffic.
10.  The workers are very busy.

C.     Exercise 2
Give the correct form of the present tense for the verbs in parentheses.
1.      She reads the newspaper every day.
2.      We come to school by bus.
3.      Helen works very hard.
4.      The dog chases the cat all around the house.
5.      Gene generally sits at this desk.
6.      Pat goes there twice a week.
7.      Herbert does the work of two people.
8.      George always tries to do the same thing.
9.      The teacher wishes to speak to you.
10.  Mr. Walker teaches English and Mathematics.
11.  We watch television every night.
12.  The sun rises in the east and sets in the west.
13.  The father watches the children in the park.
14.  She kisses her daughter before she leaves home.
15.  I often catch cold.
16.  Helen also catches cold very often.
17.  She does all the work.
18.  Mary carries the books in a briefcase every day.
19.  He likes studying accounting.
20.  The man has two new cars.

D.    Exercise 3
Change the subjects of the sentences below to she and use the correct form of the verb.
She starts work at 09.30 and leaves at 17.30. She has an hour for lunch. She types for about one and a half hours every morning and about an hour in the afternoon.
She does the filing about half an hour a day and spend the same amount of time talking shorthand. Making tea or coffee takes about a quarter of an hour and she does it twice a day. She spends about an hour and a half on the phone. The rest of time she spends doing other things such as talking to people, opening the mail, reading newspaper etc.

E.     Exercise 4
Put the verbs in the brackets into the correct form.
James smith (be) is my name. I (work) work in the main office of a big company. Twenty people (work) work in that office everyday. Mr. Steward (be) is my boss. He (work) works very hard. Almost everyone (work) works hard. Of course a few people (not work) aren’t work hard.
Mr. Steward (have) has a private office. He also (have) has a secretary. Miss Green (be) is his secretary. She (help) helps Mr. Steward. She doesn’t help me. I (not have) do not have a private office, But I (have) have my own secretary. My secretary (be) is Mary Brown.
Mr. Steward (meet) meets all of the important visitors. I (not meet) do not meet visitors. Miss Green (not meet) does not meet visitors either, Mr. Steward (talk) talks to visitors. I occasionally (talk) talk 10 visitors too. But I (not send) do not send usually talk to visitors.
Mr Steward (write) writes many letters every day. He (send) sends many letters to customers I (send) send letters to other compantes. But I (not send) do not send letters to customers.
I often (study) study statistics. Then I (write) write reports for Mr Steward. He (study) studies the reports carefully. I (get) get the statistics from my assistants. I (have) have two assistants. Susan and Sandra. They (help) help me very much. They (not write) do not write letters. They (collect) collect information from other people. Then they (give) give the information to my secretary. She (collect) collects information from other people too. Then she (give) gives the information to me.
My secretary (not write) do not write reports But she (write) writes my letters for me. She also (open) opens my mail. She (read) reads the mail carefully. She (give) gives me the important letters.
She (not give) do not give me the other letters. My secretary (answer) answers the other letters.




F.      Exercise 5
Write do or does in the blank space in each sentence.
1.      Do the students study hard every day?
2.      Does Mr Brown go to his office every day?
3.      Do you want cream and sugar in your coffee?
4.      Do the children qo to bed very early?
5.      Does that girl come from Dominica?
6.      Do you know that German student?
7.      Does Miss Green prefer coffee or tea?
8.      Do your English lessons seem very difficult?
9.      Do you have a good english dictionary?
10.  Does Mr Howard teach English or Science?
11.  Do the Jhonsons watch televiston every night?
12.  Do Jhonson and Brett work in the same office?
13.  Does Henny write reports for her boss every day?
14.  Do those two women understand that lesson?
15.  Does an accountant prepare financial statement every month?

G.    Exercise 1
Fill in the blank with a/an or leave the space empty.
1.      Jim goes everywhere by bike. He hasn’t got a car.
2.      Ann was listening to music when i arrived.
3.      We went to a very nice restaurant last weekend.
4.      I clean my teeth with a toothpaste.
5.      I use a toothbrush to clean my teeth.
6.      Can you tell me if there’s a bank near here?
7.      My brother works for an insurance company in london.
8.      I don’t like violence.
9.      We need petrol. I hope we come to a petrol station soon.
10.  Liz doesn’t usually wear jewelry but yesterday she was wearing a necklace.

H.    Exercise 2
Put in a/an, some, a little where necessary. If no words is necessary, leave the space empty.
1.      I’ve seen some good films recently.
2.      What’s wrong with you? Have you got a headache?
3.      I know a lot of people. Most of them are students.
4.      When i was a child, I used to be very shy.
5.      Would you like to be an actor?
6.      Do you collect stamps?
7.      What a beautiful garden!
8.      a little birds, for example penguin, cannot fly.
9.      I’ve been walking for three hours. I’ve got sore feet.
10.  I don’t feel very well this morning. I’ve got a sore throat.
11.  Those are nice shoes. Where did you get them?
12.  I’m going shopping. I want to buy new shoes.
13.  You need a visa to visit some countries.
14.  Jane is a teacher. Her parents were teachers too.
15.  Do you enjoy going to concerts?
16.  When we got to the city centre a little shops were still open.
17.  I don’t believe him. He is a liar. He’s always telling lies.
18.  He is a famous accountant in this city.
19.  Bring me paint and a good brush.
20.  Can you lend me some money?