Pasar menurut organisasinya:
1.
Pasar persaingan sempurna
Dalam pasar persaingan sempurna terdapat banyak
penjual atau pembeli yang sama-sama telah mengetahui keadaan pasar. Barang yang
diperjualbelikan dalam pasar persaingan sempurna homogen (sejenis). Selain itu,
baik penjual ataupun pembeli tidak bebas menentukan harga, karena harga
ditentukan oleh kekuatan pasar. Pasar persaingan sempurna adalah keadaan di
mana penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga. Harga yang telah
terbentuk merupakan hasil dari mekanisme pasar berdasarkan jumlah permintaan
dan penawaran.
2.
Pasar persaingan tidak sempurna
Dalam pasar
persaingan tidak sempurna, para penjual maupun pembeli mempunyai kebebasan
dalam menentukan harga dan jumlah barang yang akan diperjualbelikan. Dalam hal
ini berarti pembeli dan penjual dapat memengaruhi harga. Jenis dan kualitas
barang yang diperdagangkan pada pasar ini bersifat heterogen. Pasar persaingan
tidak sempurna dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut:
1) Pasar monopoli dan monopsoni
Pasar monopoli adalah
pasar yang hanya terdapat satu penjual untuk suatu jenis barang tertentu. Pasar
monopsoni
adalah pasar yang dikuasai oleh seorang pembeli untuk suatu jenis barang dan
jasa,dan juga bersifat mendunia. Output yang dihasilkan tidak mempunyai substitusi.
2) Pasar monopolistik
Dalam pasar monopolistik terdapat banyak penjual dan
pembeli. Penjual bisa melakukan monopoli karena keistimewaan produk
masing-masing. Pembeli bebas menentukan pilihannya dalam berbelanja. Jadi,
pasar ini ada unsur persaingan dan monopoli.
3) Pasar oligopoli dan oligopsoni
Pasar oligopoli
adalah pasar yang hanya ada beberapa penjual. Istilah beberapa penjual iniumlah
penjual tidak terlalu banyak sehingga pengaruh penjual sangat kecil, dan tidak
ada penjual yang berkuasa segala-galanya. Adapun pasar oligopsoni
merupakan jenis pasar yang hanya ada beberapa pembeli.
0 komentar:
Posting Komentar